Harga Tandon Air

Tandon air atau yang kebanyakan dikenal dengan tampungan air adalah salah satu media yang digunakan untuk menampung air bersih pada rumah atau tempat usaha.

Biasanya berbentuk silinder dengan berbagai macam bahan. Harga tandon air juga bermacam-macam sesuai dengan material yang digunakan dan juga kapasitasnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak akan pernah bisa lepas dari kebutuhan akan air. Banyak cara yang diupayakan oleh semua orang agar kebutuhan akan air dapat terpenuhi dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memasang tandon air di rumah.

Tempat penampungan air ini akan sangat berguna untuk menampung sejumlah air baik dari air sumur maupun dari air PDAM sehingga ketika dalam kondisi tertentu stok air tetap ada. Kejadian seperti mati listrik, atau PDAM padam dapat teratasi dengan persediaan air tersebut.

Harga Tandon Air

Kegunaan Tandon Air

Sebuah alat atau media yang diciptakan pasti selalu memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya tandon air ini, walaupun terlihat sepele namun ternyata memiliki kegunaan yang cukup membantu Anda.

Berikut adalah macam-macam kegunaan tandon air yang perlu Anda ketahui.

1. Menampung Persediaan Air di Rumah

Sesuai dengan Namanya, tandon air atau penampungan air adalah alat yang berguna untuk menampung atau menyimpan air dalam waktu tertentu. Alat ini juga merupakan media penyimpanan air yang paling efektif dan memiliki volume banyak.

Bandingkan jika Anda harus menyimpan air hanya dengan menggunakan ember, tentu akan sangat banyak ember yang Anda perlukan. Selain itu tingkat kebersihan air juga tidak optimal. Tandon air ini akan memastikan suplai air di rumah Anda terjamin lancar dan tidak kekurangan.

2. Solusi Ampuh Menghemat Tagihan Listrik

Pada sebagian masyarakat, tidak semua menggunakan pompa air dari sumur sebagai sumber air. Ada beberapa yang menggunakan fasilitas air PDAM untuk mencukupi kebutuhan air. Padahal kebutuhan air dalam rumah tangga tergolong cukup tinggi penggunaannya.

Hal tersebut tentu akan berimbas pada tagihan listrik dan juga tagihan PDAM yang bisa jadi membengkak karena penggunaan pompa air maupun PDAM. Langkah paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan memasang tandon air sehingga Anda bisa menampung sejumlah air.

Pemasangan tandon air tersebut setidaknya dapat mengurangi frekuensi Anda menyalakan pompa air sehingga menghemat penggunaan listrik. Air yang telah Anda tampung di tandon air dapat Anda pergunakan untuk kebutuhan harian. Cara ini akan lebih efisien untuk memangkas biaya listrik yang tinggi.

3. Tersedianya Air Ketika Listrik Mati

Bisa dibayangkan jika Anda tidak memiliki tandon atau tampungan air yang cukup dan tiba-tiba listrik mati. Tentu Anda akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan akan air.

Kegunaan tandon air inilah yang akan membantu Anda untuk tetap bisa mendapatkan air ketika listrik mati.

Ukuran dari tandon air ini memang beragam dengan volume air yang berbeda-beda, namun setidaknya apabila tandon penuh dapat mencukupi kebutuhan air dalam satu hari.

Pemadaman listrik yang sering terjadi jelas harus Anda antisipasi agar tidak kehabisan stok air.

Apabila rumah Anda termasuk pengguna air dalam kapasitas yang lebih besar, misalnya karena penghuni yang ada di dalamnya cukup banyak, Anda bisa memasang tandon air yang lebih besar atau dua tandon berukuran kecil.

Cara ini akan akan menyelamatkan Anda ketika listrik mati dan Anda membutuhkan air.

4. Alih Fungsi untuk Kegunaan Lainnya

Kegunaan dari tandon air selain yang sudah disebutkan di atas adalah dapat digunakan untuk fungsi yang lainnya. Contohnya adalah di daerah yang jauh dari sumber air atau kes aiulitan dalam mendapatkan sumber air.

Tandon air ini selain untuk menampun air sumur juga bisa digunakan untuk penampung air hujan.

Tandon air dengan ukuran yang cukup besar akan bisa menampung sejumlah air ketika hujan. Hal ini dapat Anda pergunakan untuk kebutuhan air seperti bercocok tanaman, mencuci, dan lain sebagainya. Daerah yang jauh dari sumber air akan sangat terbantu dengan tandon air ini.

Air hujan yang tertampung dalam tandon air setidaknya dapat menjadi sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Fungsi inilah yang membuat tandon air cukup penting untuk dimiliki di rumah Anda.

6. Sebagai Salah Satu Upaya Penyelamatan Lingkungan

Kegunaan lain dari tandon air ini lebih bersifat pada penyelamatan lingkungan sekitar. Penampungan air ini dapat menyelamatkan Anda ketika musim kemarau datang yang biasanya akan mengalami kesulitan air.

Secara tidak langsung penggunaan penampungan air ini telah ikut membantu melestarikan alam. Anda mungkin tidak menyadari bahwa jika Anda menggunakan air yang ada pada tandon air akan lebih berhati-hati sehingga menghemat penggunaan air. Cara ini telah membantu dalam konservasi air.

7. Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Fungsi lainnya dari tandon air yang lebih luas adalah menaikkan harga jual dari hunian yang Anda miliki. Seperti yang telah diketahui bahwa air adalah elemen penting yang harus selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Rumah yang Anda tempati ketika akan dijual atau mungkin di kontrakkan, pasti akan dilihat sumber air yang dimiliki. Fasilitas pendukung seperti tandon air ini akan sangat mempengaruhi harga jual atau harga kontrak rumah tersebut.

Orang yang akan membeli atau menyewa rumah Anda akan lebih merasa nyaman dan cocok ketika mendapati rumah memiliki penampungan air. Hal ini akan memudahkan mereka dalam menjalankan kegiatan sehari-hari di rumah tersebut.

Harga Tandon Air

Air adalah salah satu kebutuhan makhluk hidup yang wajib ada setiap waktu. Penyediaan air dapat dicukupi dengan penggunaan air sumur yang dibantu dengan menggunakan pompa air atau melalui fasilitas PDAM yang telah disediakan oleh pemerintah.

Pasokan air yang telah ada harus dijaga sedemikian rupa agar ketika Anda membutuhkannya sudah tersedia dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tandon air untuk menampung persediaan air.

Macam-macam dan harga tandon air yang ada di pasaran saat ini adalah sebagai berikut:

1. Tandon Air Fiberglass

Tandon Air Fiberglass

Bahan dasar dari tandon air ini adalah FRP yang memiliki tekstur lebih keras dibandingkan dengan bahan lainnya. Harga dari tandon air ini cukup murah dan juga memiliki berat yang ringan sehingga mudah dalam pemasangan. Namun ada juga kekurangan dari tandon air fiberglass ini.

Kekurangan Tandon Air Fiberglass

  • Tandon air tidak tahan lama
  • Bahan dasar fiber yang dapat larut dalam air, untuk penggunaan jangka panjang dan jika ikut masuk dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit kanker.
  • Biaya perawatan tandon ini cukup mahal.
  • Dinding tandon sifatnya rentan dan mudah retak apabila terjadi benturan dengan dinding.
  • Jamur akan lebih mudah hidup di dalamnya sehingga dapat mengurangi kualitas air.
  • Bahan fiberglass tidak tahan terhadap paparan sinar matahari dan akan terjadi oksidasi apabila tandon air ini terkena sinar matahari.

Harga Tandon Air Fiberglass

Tandon air fiberglass ini tersedia dalam berbagai merek dan ukuran kapasitasnya. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Cek harga tandon air fiberglass berikut ini.

Merek Kapasitas Harga
Excel Blow ALB 300 liter Rp. 562.000
Excel Blow 500 liter Rp. 877.000
Excel ALB 1100 liter Rp. 1.410.000
Excel Kotak Segi Empat 1100 liter Rp. 2.610.000
Excel AL 1660 1600 liter Rp. 2.110.000
Excel Blow ALB 2000 2000 liter Rp. 2.690.000
Penguin TB25 225 liter Rp. 461.000
Penguin TB32 300 liter Rp. 512.000
Penguin TB55 520 liter Rp. 746.000
Penguin TB70 650 liter Rp. 862.000
Penguin TB110 1050 liter Rp. 1.198.000
Penguin Model Kotak Segi Empat 1100 liter Rp. 2.605.000
Penguin TB120 1200 liter Rp. 1.405.000
Penguin TB160 1550 liter Rp. 1.805.000
Penguin TB200 2000 liter Rp. 2.505.000

3. Tandon Air Polyethylene

Tandon Air Polyethylene

Sebagian besar orang mengenal tandon air polyethylene ini dengan tandon air plastik. Bahan dasar pembuatan tandon ini memang menggunakan plastik PE yang memiliki daya tahan lebih kuat apabila terjadi benturan.Tandon air jenis ini adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Kelebihan Tandon Air Polythylene

  1. Banyak direkomendasikan untuk penggunaan dirumah tangga karena telah memiliki standar SNI dan juga pengakuan dari FDA USA.
  2. Berbahan dasar plastik sehingga memiliki berat yang cukup ringan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memindahkan atau mengangkut tandon air tersebut.

Kekurangan Tandon Air Polythylene

  1. Bahan dasar plastik yang terlihat kurang eksklusif atau kurang mewah jika dibandingkan dengan bahan stainless steel.
  2. Tandon plastik bisa tembus cahaya yang membuat pertumbuhan jamur masih bisa terjadi di dalamnya.

Harga Tandon Air Polyethylene

Merek Kapasitas Harga
New Shimizu 19 liter Rp. 138.000
Profil88 250 liter Rp. 342.000
Louhan Orange 250 liter Rp. 366.000
Profil Tank TDA-250L 250 liter Rp. 452.000
Profil Tank TDA-300L 300 liter Rp. 561.000
Profil Tank BPE 1100 1100 liter Rp. 1.327.000
Exel AL-550L 550 liter Rp. 872.000
Excel AL-2000 2000 liter Rp. 2.802.000
Penguin Orange 300 liter Rp. 722.000
Penguin TB-55 520 liter Rp. 951.000
Penguin TB-55 Biru Laut 520 liter Rp. 1.204.000
Penguin Orange 650 liter Rp. 1.237.000
Penguin Orange 800 liter Rp. 1.446.000
Penguin TB-Orange 1050 liter Rp. 1.672.000
Penguin TB Biru Laut 1050 liter Rp. 1.753.000
Penguin Horizontal TH-100 970 liter Rp. 2.752.000
Penguin TB-200 2000 liter Rp. 2.938.000

4. Tandon Air Stainless Steel

Tandon Air Stainless Steel

Berbeda dengan tandon air yang lainnya, penampungan air ini terbuat dari bahan stainless stell yang terbilang aman. Bahan ini tidak mengandung merkuri dan memiliki kemudahan dalam perawatannya.

Namun harga tandon air ini cukup tinggi dibandingkan tandon air dengan bahan yang lainnya.

Kelebihan Tandon Air Stainless Steel

  1. Bahan stainless steel tidak tembus sinar matahari sehingga meminimalkan lumut untuk tumbuh didalamnya.
  2. Penggunaan bahan stainless stell akan membuat tandon air ini memiliki bentuk yang elegan, eksklusif, dan terkesan mewah
  3. Tandon air akan dalam kondisi yang sama walaupun tekanan air didalamnya tinggi dan tidak akan berubah bentuk.
  4. Adanya pengakuan dari Food, Drug, and Administration atau FDA sehingga direkomendasikan untuk dipergunakan.

Kekurangan Tandon Air Stainless Steel

  1. Memiliki daya tahan terhadap cairan kimia yang sangat terbatas terutama untuk cairan kimia yang dapat membuat tandon air menjadi berkarat.
  2. Bahan stainless steel ini mudah terjadi korosi terutama dibagian sambungan yang biasanya menggunakan teknik las. Korosi ini akan lebih cepat terjadi jika Anda tinggal di daerah sekitar pantai.
  3. Apabila terjadi kebocoran dinding akan sulit untuk diperbaiki. Harga perbaikannya juga cukup mahal sehingga Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan dan perbaikan.

Harga Tandon Air Stainless Steel

Merek Kapasitas Harga
Profil Tank PS 550 580 liter Rp. 1.805.000
Profil Tank PS 700 D 630 liter Rp. 1.951.000
Profil Tank PS-1100D 1000 liter Rp. 3.203.000
Penguin TBSK-500 500 liter Rp. 2.942.000
Penguin TBSK-1000 1000 liter Rp. 3.741.000
Penguin TBSK-1500 1500 liter Rp. 5.605.000
Excel GS-1500TK 1000 liter Rp. 3.008.000
Tirta T.2300 1600 liter Rp. 3.049.300

Itu dia informasi lengkap kita seputar Tandon Air, mulai dari kegunaan, fungsi, harga dan informasi menarik lainnya. Nantikan info harga terbaru lainnya ya.

Marisa Ariesti

Hi! Panggil saja Marisa, Seorang Content Writer Expert yang membahas seputar harga di Infoharga.id Semoga Bermanfaat ya untuk diri saya sendiri dan semuanya . Aamiin

Bagikan:

[addtoany]

Tags:

Tinggalkan komentar