Apakah Anda sedang mencari toko yang jual trafo transformer di Medan? Jika ya, maka pilihan Anda untuk mengunjungi halaman kami adalah keputusan tepat. Pada artikel ini, kami akan membahas seputra trafo.

Alat ini memiliki kaitan erat dengan kelistrikan. Listrik sendiri merupakan energi yang memiliki peranan besar dalam peradaban manusia modern. Pemanfaatan energi ini memungkinkan manusia untuk menciptakan beragam teknologi canggih.

Hal tersebut mendorong berbagai kemudahan bagi umat manusia, baik dalam bekerja maupun untuk kebutuhan sehari-hari lainnya. Trafo adalah salah satu peralatan kelistrikan yang memiliki andil besar dalam distribusi listrik.

Baik itu untuk kebutuhan industri, perkantoran, hingga suplai listrik bagi rumah tangga. Lantas, apa pengertian dari trafo? Apa saja fungsi dan jenis-jenisnya? Berikut akan kami bahas lebih lanjut.

Pengertian Trafo Transformer atau Transformator

Jual Trafo Transformer

Mungkin Anda tidak asing dengan alat satu ini karena pernah melihatnya saat berkunjung ke toko jual trafo transformer di Medan. Trafo biasanya juga dikenal dengan nama transformer (bahasa Inggris) atau transformator (bahasa Belanda).

Pada dasarnya, ini merupakan salah satu perangkat kelistrikan yang memiliki fungsi penting dalam distribusi tenaga listrik dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sementara pengertian transformer sendiri adalah alat yang kegunaannya untuk mengubah taraf tegangan listrik. Baik itu dari tegangan tinggi ke rendah ataupun sebaliknya. Pada umumnya, rumah tangga menggunakan listrik 220V.

Energi ini berasal dari PLN yang kemudian dialirkan ke berbagai tempat. Besaran taraf tegangan dari pembangkit listrik perlu disesuaikan saat didistribusikan. Penyesuaian tersebut dilakukan dengan cara menaikkan atau menurunkan levelnya.

Misalnya tegangan 220VAC diturunkan menjadi 12 VAC. Bisa juga menaikkan taraf dari tegangan 110V menjadi 220VAC. Dengan adanya penyesuaian tersebut, peralatan elektronik dapat bekerja secara optimal dan aman.

Perangkat yang ada di toko jual trafo transformer di Medan ini tersusun atas dua kumparan atau lebih. Kumparan (lilitan kawat) bekerja dengan cara mengalirkan energi listrik melalui perubahan yang terjadi pada medan magnetik.

Transformer bekerja sesuai prinsip kerja induksi elektromagnetik. Artinya, trafo hanya dapat dijalankan pada alternating current (AC) alias tegangan arus bolak-balik. Perangkat ini merupakan alat statis yang mudah ditemukan dalam keseharian.

Fungsi Trafo Listrik Berdasarkan Jenisnya

Transformer atau transformator terdiri dari beberapa jenis. Tiap-tiap jenisnya memiliki fungsi berbeda-beda. Agar tidak salah dalam memahaminya, ada baiknya Anda mempelajari beberapa jenis trafo dan masing-masing fungsi dari trafo listrik berikut ini.

Transformator Step Up

Transformator step up yaitu jenis perangkat yang dipakai pada sirkuit pembangkit daya pada peralatan elektronik. Misalnya transformer inverter TV, monitor LCD, dan lain sebagainya.

Sesuai namanya, fungsi dari transformator step up sendiri yaitu untuk menaikkan taraf tegangan. Dengan kata lain, jenis perangkat ini mengubah taraf tegangan dari rendah ke tinggi.

Transformator Step Down

Jika datang ke ke toko jual trafo transformer di Medan, Anda juga bisa menjumpai jenis yang satu ini. Alat ini memiliki fungsi kebalikan dari transformer jenis step up, yaitu untuk menurunkan tegangan.

Biasanya, jenis alat satu ini di kalangan umum dikenal dengan nama trafo 1A, 2A, 3A, dan sebagainya. Contoh penggunaannya antara lain pada speaker aktif, power amplifier, TV, maupun peralatan elektronik rumah tangga lainnya.

Transformator Isolasi

Trafo isolasi adalah alat yang berfungsi sesuai namanya, yaitu mengisolasi tegangan masuk (input) dan tegangan keluar (output). Perangkat satu ini terdiri dari kumparan atau lilitan dengan jumlah sama.

Lilitan primer maupun sekunder pada jenis trafo listrik ini berjumlah sama karena hanya difungsikan untuk mengisolasi, bukan menaikkan atau menurunkan tegangannya. Penggunaan alat ini banyak dijumpai pada rangkaian inverter.

Transformator CT dan Non CT

Jenis CT biasanya digunakan jika ingin membuat sirkuit power supply simetris. Rangkaian ini bersifat gelombang penuh. Artinya memakai kutub positif, negatif, dan netral seperti pada amplifier.

Sementara jenis non CT adalah kebalikannya, yaitu dipakai untuk power supply non simetris. Yakni power supply yang hanya terdiri dari kutub positif dan negatif saja.

Transformator Daya

Jenis ini dipakai untuk menyalurkan daya berkapasitas tinggi hingga mencapai 33 KV. Ukurannya besar sehingga harga trafo listrik jenis ini tentunya lebih mahal. Penggunaannya biasanya ada di gardu transmisi atau stasiun pembangkit listrik.

Jual Trafo Transformer di Medan Terpercaya

Membuat rangkaian listrik tentu saja harus menyiapkan beberapa perangkat penting agar dapat beroperasi secara optimal serta aman. Untuk mendapatkan produk trafo berkualitas, pastikan agar memilih penyedia atau supplier profesional.

Jika berbicara tentang supplier peralatan kelistrikan, maka Anda menuju ke halaman yang tepat. Kami adalah perusahaan penyedia perangkat kelistrikan yang mensupplai kebutuhan seputar kelistrikan secara lengkap.

Pastikan mengetahui jenis transformer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika masih kebingungan, jangan ragu untuk menanyakannya kepada Prooperti.id. Karena kami adalah perusahaan jual trafo transformer di Medan terpercaya dan berpengalaman.

Fajri Alhadi

Seorang pengusaha yang keliling Indonesia dan mencari potensi bisnis untuk dikembangkan. Harga today ini merupakan salah satu website saya yang diciptakan untuk Anda yang sedang mencari referensi daftar harga terbaru paling update.

Bagikan:

[addtoany]

Tags:

Tinggalkan komentar